ArcGIS Data Interoperability di ArcGIS 9.2/ArcGIS 9.3

datainteroperability

Ekstensi ArcGIS Data Interoperability menyediakan akses langsung ke lusinan format data spasial, termasuk GML profil, DWG / DXF file, Microstation ® Desain file, Map Info MID / MIF file, dan jenis file TAB. Pengguna dapat drag dan drop ini dan banyak sumber data eksternal lainnya ke ArcGIS untuk langsung digunakan dalam pemetaan, geoprocessing, manajemen metadata, dan penggunaan 3D globe. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan semua fungsi pemetaan yang tersedia bagi data asli dalam format ESRI ArcMap untuk sumber-sumber data ini – seperti melihat fitur dan atribut, mengidentifikasi fitur, dan membuat pilihan.

Ekstensi ArcGIS Data Interoperability dikembangkan dan dipelihara bersama-sama oleh ESRI dan Safe Software Inc, vendor interoperability GIS terkemuka, dan didasarkan pada Software populer produk Safe yakni Feature Manipulastion Engine (FME ®).

Ekstensi ArcGIS Data Interoperability ini juga termasuk FME Workbench yang berisi serangkaian tool/alat transformasi data untuk membangun converter untuk banyak format data vektor.

Dengan ekstensi Interoperabilitas Data ArcGIS, pengguna dapat:

  • Menambahkan dukungan untuk banyak format data GIS untuk penggunaan secara langsung dalam ArcGIS, misalnya, untuk digunakan di ArcMap, ArcCatalog, dan geoprocessing.
  • Hubungkan ke dan membaca berbagai format GIS umum-misalnya, TAB, MIF (Map Info Format), E00, dan GML-serta banyak koneksi database
  • Mendefinisikan kompleks, data semantik penerjemah menggunakan Workbench FME
  • Memanipulasi dan menggabungkan banyak atribut tabel data dari berbagai format dan DBMS’s dengan fitur
  • Ekspor kelas untuk setiap fitur yang lebih dari 50 output format-misalnya, ekspor ke GML-dan menciptakan penerjemah lanjutan untuk kustomisasi output format.

Menggunakan ArcGIS Data Interoperability Extension menambahkan dukungan untuk beragam format data GIS tambahan dan juga menyediakan FME Workbench yang memungkinkan Anda untuk menentukan format tambahan yang dapat digunakan untuk secara langsung mengakses dan menggunakan data dalam ArcGIS.

Latihan 1. Kita bisa melihat atau membaca secara langsung data interoperability

Silahkan jalankan ArcCatalog, dan carilah file dengan format *.mif (Map Info Format) pada data yang Anda miliki atau dari data ArcTutor. Klik tab Preview pada ArcCatalog untuk melihat data format *.mif (Map Info Format) ataupun format lainnya (dwg, dxf, dan lain-lain).

Latihan 2. Koneksi Interoperability

Pada Catalog Tree pilihlah Interoperability Connection maka akan muncul kotak dialog, silahkan pilih format dan dataset serta atur setting kemudian tentukan sistem koordinatnya. Setelah itu klik OK, maka pada Interoperability Connection akan muncul Connection untuk data tersebut.

Latihan 3. Silahkan drag atau buka data Latihan 1 dan Latihan 2 di ArcMap

Latihan 4. Translating Data Using Quick Import dan Quick Export

Pergunakan ArcToolbox – red bag – tas merah untuk memunculkan tools Data Interoperability : ada Quick Export dan Quick Import.

Latihan 5. Quick Import dan Quick Export di Model Builder

Kita dapat drag tools QI dan QE tersebut ke dalam Model Builder yang kita buat.

modelbuilder_datainteroperability

Gambar. Quick Import di dalam Model Builder

(Sumber : http://gisresetutor.blogspot.com/2010/04/arcgis-data-interoperability-di-arcgis.html)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s